Pengolahan Data [ Microsoft Excel ] - Part II

Pengolahan Data

[ Microsoft Excel ] 

Hallo... Ini Mely Amelia NIM G14190017


  • Dashboard

1. Slicer

Insert Slicer adalah fasilitas excel yang digunakan untuk filter tabel dan Pivot Table dengan bentuk tombol interaktif.
  • Membuat Slicer 

    1. Pada data yang telah kalian buat pivot tabel, klik options →insert slicer →pilih columns mana yang akan kalian slicer → ok. Misalnya disini yang akan dipilih adalah coulmn tahun.

    2. Akan muncul slicer country.

    3. Slicer akan berpengaruh pada Pivot Chart dan Pivot Table. Misalnya, kita hanya memilih United States maka yang akan muncul pada Pivot Chart dan Pivot Table hanya United States. Kita juga bisa memilih dua atau lebih dengan cara Ctrl + Klik pada bagian yang akan kita pilih.
     
    • Mengubah Posisi dan Coulmns pada slicer 

      Posisi slicer dapat kita ubah sesuai keinginan kita dengan menggeser slicer pada area yang kita inginkan. Dan jika kita ingin mengubah column klik options→columns→sesuaikan berapa column yang akan kalian buat. 


      Buat Pivot yang lain dengan cara yang sama pada kategori tahun.

  • Menghubungkan slicer dengan Pivot Table yang lain. 

    1. Ketika Slicer akan kita sambungkan pada lebih dari satu Pivot, maka klik pada slicer → options→ report connections→pilih Pivot Table yang akan dismbungkan→ok.
     
    2.  Ketika kita ingin mengetahui slicer yang tersambung pada Pivot Table. Pilih Pivot table yang akan kita cek → options→insert slicer→slicer connections→ akan muncul slicer connections (PivotTable2)


    2. Custom List

    Custom list akan sangat memudahkan dalam membuat daftar otomatis yang akan mengisi kolom atau baris dengan cepat tanpa harus mengetiknya satu per satu. 

    1.Munculkan atau tuliskan data yang akan kita urutkan→blok data tersebut→ data→sort.


    2. Klik custom list→list entires→isi dengan list yang kalian butuhkan→ok. Maka secara otomatis jika kalian mengetik 44 dan menariknya ke bawah pada kolom lain akan otomatis mengikuti list yang telah kalian buat tadi.


    3. Fungsi (=Text)

    Fungsi Text pada microsoft excel adalah fungsi excel yang digunakan untuk mengkonversi nilai angka (numeric) menjadi teks (string) dalam format yang ditentukan. Nilai angka disini termasuk format tanggal dan waktu. Misalnya, pada contoh ini akan membuat nama bulan, maka fungsi yang digunakan adalah =TEXT(@[Date],"mmmm"). Maka secara otomatis kolom tersebut akan terisi dengan bulan sesuai pada kolom Date.


    Jika kita ingin membuat Pivot Tabel dan terhubung pada kolom "month" yang baru saja kita buat, maka buat pivot. Drag year ke row dan revenue ke value.

    Agar pada pivot terbaharui maka klik kanan refresh.
    Sekarang, drag year ke row. Maka Revenue per bulan akan mucul.

    File Microsoft Excel di atas dapat diakses pada tautan https://drive.google.com/file/d/17izfmocKEGORbR3AocolVZ68mivwOnij/view?usp=drivesdk


  • Probability analysis and finding anomalies
Tambahkan sum of cost pada pivot. Pada pivot table field list drag cost ke values

Pada data tambahkan kolom profit. Kemudian, profit didapatkan dengan ( =Revenue - cost)

Tambahkan profit pada pivot.  Pada pivot table field list drag profit ke values

Ubah format menjadi rupiah. Klik kanan pada salah satu kolom di profit →Value Feld Settings→Number format→currency → Pada Symbol ubah menjadi rupiah → ok.




Tambahkan margin untuk mengetahui persentase keuntungan dengan options →fields,items&sets → isi name : Margin dan Formula = profit/revenue→ok.


Ubah menjadi dalam persen dengan klik kanan→Value Feld Settings→Number format→percentage→ok.

Untuk memudahkan , klik home→conditional formatting→data bars→klik pada bagian disamping kolom→All cels showing "sum of revenue "values for "country"

Lakukan hal yang sama unuk kolom sum of magin, namun gunakan color scales pada conditional formatting.

File Microsoft Excel di atas dapat diakses pada tautan https://drive.google.com/file/d/19z1pim9-nVirDTz96XgcC8iP7VyaZ08q/view?usp=drivesdk




  • Comparing Year over Year in Pivot Table
Buat Pivot Table pada sheet baru seperti pada gambar. 

Kemudian, di luar pivot tambahkan kolom growth dan mengisinya dengan klik  E6 - D6.Akan muncul formula GETPIVOTDATA seperti gambar. Jika kita tarik kebawah akan muncul hasil yang sama.

Klik options→options→ uncheck Generate get pivot data. 

  
Tambahkan %growth. dengan membagi growth/year total.

Mengubahnya menjadi satuan persen, dengan klik kanan→%


File Microsoft Excel di atas dapat diakses pada tautan https://drive.google.com/file/d/1Ai-p-dvygzWZpEQiuu5SFpl-kkB0kE72/view?usp=drivesdk 


Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel. Semoga bermanfaat. Terima kasih :) Referensi : https://www.kelasexcel.id/2017/04/fungsi-text-excel.htmlcourses.edx.org

Komentar